Translate

Selasa, 18 Maret 2014

review jurnal

No
KOMPONEN
REVIEW
1
Judul
Di dalam judul terdapat kalimat Student Center learning, namun di dalam penjelasan jurnal semua terdapat kalimat  Cooperative learning. Seharusnya kalimat Student Center Learning diganti dengan Model Cooperative learning, karena dalam jurnal ini menjelaskan tentang penerapan model cooperative learning dan terlalu banyak dijumpai kata “Cooperative Learning” daripada “Student Center Learning”
2
Abstrak
·   Abstrak seharusnya terdiri atas 4 alinea/paragraf, namun abstrak yang ditulis beliau hanya 1 paragraf/alinea.  Menurut saya abstraknya sangat berantakan dan tidak mewakili semua isi skripsi/jurnal.
·   Bahasa inggris yang digunakan pun tidak sesuai dengan ejaan bahasa inggris yang benar.
3
Pendahuluan
·   Ketajaman dalam menulis latar belakang masalah sudah cukup baik
·   Tidak ada pembagian sub bab dari bab 1, seperti latar belakang masalah, identifikasi masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Misalnnya latar belakang masalah pada alinea pertama, identifikasi masalah pada alinea ke- 11. Sebaiknya dijelaskan bagian tiap sub bab.
·   Tidak dituliskankan apa isi dari rumusan masalah, yaitu apa yang dipermasalahkan.
·   Tidak dituliskan  apa tujuan dari penelitian ini penelitian dan apa yang mau dilihat dari hasilnya nanti
·   Tidak terdapat apa manfaat penelitian bagi beliau dan orang lain yang kan membaca hasil penelitian beliau
·   Tidak dijelaskan apa itu hubungan antara pembelajaran Student Center Learning dengan Model pembelajaran cooperative learning. Sebaiknya dijelaskan mengapa model cooperative learning yang di pilih, mengapa tidak model lain yang dapat meningkatkan soft skill mahasiswa.
·   ada tabel di kolom Akar Permasalahan dikatakan bahwa model pembelajaran yang diterapkan masih berpusat pada mahasiswa. Seharusnya yang menjadi akar permasalahannya itu bahwa model pembelajaran masih berpusat pada Dosen, karena masalah yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya yaitu menjelaskan bahwa model pembelajaran selama ini masih berpusat pada Dosen yang menggunakan metode lama seperti ceramah sehingga mahasiswa tidak memilii soft skill.
4
Pembahasan
·    di dalam bagian pembahasan beliau menggabungkan sekaligus bab 2,3, dan 5 yaitu landasan teori, metodologi penelitian dan analisis data&pembahasan. Sebaik nya itu dipisahkan agar orang yang membaca jurnal beliau mudah mengerti dan terlihat rapi.
·    Terlalu banyak pegertian Cooperative learning yang dijelaskan, ada 5 pengertian. Sebaiknya 3 saja sudah cukup.
·    Tidak memiliki kerangka konseptual yang menggambarkan apakah softskill akan meningkat jika digunakan model cooperative learning.
·    Sebaiknya dijelaskan secara singkat hasil penelitian orang terdahulu, jika tidak ada yang pernah melakukan penelitian ini sebelumnya makan katakan belum ada yang pernah meneliti sebelumnya.
·    Tidak terdapat hipotesis atau dugaan sementara hubungan antara peningkatan softskill dengan penerapan model cooperative learning.
·    Paragraf ke -8, dalam satu paragraf tersebut tidak jelas apa maksud kalimat yang ditulis oleh beliau. Seperti copy paste gagal, alias gaptek. Sepertinya jurnal ini asal copy saja dari skripsi.
·    Tidak terdapat penjelasan waktu dan tempat penelitian. Pada saat kapan beliau meneliti mahasiswa pendidikan ekonomi
·    Tidak ada penjelasan sekilas apakah semua prodi diteliti, dan berapa orang yang dijadikan sampel serta teknik sampling apa yang apa yang digunakan.
·    Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 4 yaitu observasi, angket, dan wawancara, dan dokumen. Menurut saya dengan menggunakan 4 teknik tentu data akan semakin kuat.
·    Dalam paragraf terakhir halaman 3 dikatakan bahwa cooperative learning adalah metode padahal sebelumnya dijelaskan bahwa cooperative learning itu adalah model pembelajaran. Sepertinya beliau tidak menguasai dan tidak dapat membedakan antara metode pembelajaran dan model pembelajaran. Kedua hal tersebut jelas berbeda.
·    Pada hal 4 kalimat paling atas dikatakan “ khususnya kelas A prodi Pendidikan Ekonomi”, maksud dari kalimat tersebut tidak jelas. Apakah maksudnya sampel beliau hanya kelas A? Atau kelas A dijadikan kelas spesial beda dari kelas B dan ekstensi.
·    Dikatakan pada paragraf pertama hal 4 penjelasan tentang presentase jawaban responden dalam tiap option angket. Tidak dijelaskan apa itu maksudnya option a,b,c, dan d, sehingga pembaca jurnal tidak mengerti kesimpulan apa yang dapat ditarik dari hitungan persetasi tiap option tersebut.
·    Lalu pada paragraf pertama kalimat kedua ada terdapat kalimat bahwa media visual, penerapan cooperative learning, dan tugas poyek. Dalam penjelasan di bab sebelumnya tidak ada dijelaskan bagaimana hubungan media visual dan tugas proyek terhadap penerapan cooperative learning. Namun tiba-tiba di bagian pembahasan dikatakan kedua hal tersebut jika digabungkan dengan coopertive learning maka akan meningkatkan softskill mahasiswa. Sebaiknya pada bab 1,2 dan 3 dijelaskan dulu apa itu gunanya media visual dan pemberian tugas proyek.
·    Jika ada angket tentu perlu dilakukan uji validitas dan uji reabilitas. Namun pada jurnal ini tidak ada dijelaskan.
·    Jika ada dokumen hasil belajar tentu sangat diperlukan teknik analisis data seperti korelasi dan regresi.
·    Jika ingin mengetahui bagaimana peningkatan softskill tentu diperlukan uji t. Namun di jurnal ini tidak ada perhitungan tentang uji t.
5
Penutup
·   Di bagian kesimpulan masih kurang bagus karena tidak ada penjelasan berapa besar atau presentase peningkatan soft skill mahasiswa.
·   Di bagian saran sudah baik, karena dijelaskan apa gunanya cooperative learning itu untuk meningkatkan soft skill mahasiswa.
6
Daftar Pustaka
Sumber yang dari website tidak dijelaskan pada saat kapan diakses, gunanya agar pembaca tidak heran jika suatu waktu ketika situs itu dibuka namun blog atau artikelnya sudah di dihapus oleh penulisnya.



Yang meriview:
FARENTY SIREGAR
7103141047
A-REGULER TTN’10



Jurnal yang di riview Ibu Nono Rozaini dengan judul Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Melalui Penerapan Student Center Learning dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi Mikro untuk T.A. 2009/2010


Tidak ada komentar:

Posting Komentar