No
|
KOMPONEN
|
REVIEW
|
1
|
Judul
|
Di dalam judul terdapat
kalimat Student Center learning, namun di dalam penjelasan jurnal semua
terdapat kalimat Cooperative learning.
Seharusnya kalimat Student Center Learning diganti dengan Model Cooperative
learning, karena dalam jurnal ini menjelaskan tentang penerapan model
cooperative learning dan terlalu banyak dijumpai kata “Cooperative Learning”
daripada “Student Center Learning”
|
2
|
Abstrak
|
·
Abstrak seharusnya terdiri atas 4
alinea/paragraf, namun abstrak yang ditulis beliau hanya 1
paragraf/alinea. Menurut saya
abstraknya sangat berantakan dan tidak mewakili semua isi skripsi/jurnal.
·
Bahasa inggris yang digunakan pun tidak sesuai
dengan ejaan bahasa inggris yang benar.
|
3
|
Pendahuluan
|
·
Ketajaman dalam menulis latar belakang masalah
sudah cukup baik
·
Tidak ada pembagian sub bab dari bab 1,
seperti latar belakang masalah, identifikasi masalah, rumusan masalah, tujuan
penelitian, dan manfaat penelitian. Misalnnya latar belakang masalah pada
alinea pertama, identifikasi masalah pada alinea ke- 11. Sebaiknya dijelaskan
bagian tiap sub bab.
·
Tidak dituliskankan apa isi dari rumusan
masalah, yaitu apa yang dipermasalahkan.
·
Tidak dituliskan apa tujuan dari penelitian ini penelitian
dan apa yang mau dilihat dari hasilnya nanti
·
Tidak terdapat apa manfaat penelitian bagi
beliau dan orang lain yang kan membaca hasil penelitian beliau
·
Tidak dijelaskan apa itu hubungan antara
pembelajaran Student Center Learning dengan Model pembelajaran cooperative
learning. Sebaiknya dijelaskan mengapa model cooperative learning yang di
pilih, mengapa tidak model lain yang dapat meningkatkan soft skill mahasiswa.
·
ada tabel di kolom Akar Permasalahan dikatakan
bahwa model pembelajaran yang diterapkan masih berpusat pada mahasiswa. Seharusnya
yang menjadi akar permasalahannya itu bahwa model pembelajaran masih berpusat
pada Dosen, karena masalah yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya yaitu
menjelaskan bahwa model pembelajaran selama ini masih berpusat pada Dosen
yang menggunakan metode lama seperti ceramah sehingga mahasiswa tidak memilii
soft skill.
|
4
|
Pembahasan
|
·
di dalam bagian pembahasan beliau
menggabungkan sekaligus bab 2,3, dan 5 yaitu landasan teori, metodologi
penelitian dan analisis data&pembahasan. Sebaik nya itu dipisahkan agar orang
yang membaca jurnal beliau mudah mengerti dan terlihat rapi.
·
Terlalu banyak pegertian Cooperative learning
yang dijelaskan, ada 5 pengertian. Sebaiknya 3 saja sudah cukup.
·
Tidak memiliki kerangka konseptual yang
menggambarkan apakah softskill akan meningkat jika digunakan model
cooperative learning.
·
Sebaiknya dijelaskan secara singkat hasil
penelitian orang terdahulu, jika tidak ada yang pernah melakukan penelitian
ini sebelumnya makan katakan belum ada yang pernah meneliti sebelumnya.
·
Tidak terdapat hipotesis atau dugaan sementara
hubungan antara peningkatan softskill dengan penerapan model cooperative
learning.
·
Paragraf ke -8, dalam satu paragraf tersebut
tidak jelas apa maksud kalimat yang ditulis oleh beliau. Seperti copy paste
gagal, alias gaptek. Sepertinya jurnal ini asal copy saja dari skripsi.
·
Tidak terdapat penjelasan waktu dan tempat
penelitian. Pada saat kapan beliau meneliti mahasiswa pendidikan ekonomi
·
Tidak ada penjelasan sekilas apakah semua
prodi diteliti, dan berapa orang yang dijadikan sampel serta teknik sampling
apa yang apa yang digunakan.
·
Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 4
yaitu observasi, angket, dan wawancara, dan dokumen. Menurut saya dengan
menggunakan 4 teknik tentu data akan semakin kuat.
·
Dalam paragraf terakhir halaman 3 dikatakan
bahwa cooperative learning adalah metode padahal sebelumnya dijelaskan bahwa
cooperative learning itu adalah model pembelajaran. Sepertinya beliau tidak
menguasai dan tidak dapat membedakan antara metode pembelajaran dan model pembelajaran.
Kedua hal tersebut jelas berbeda.
·
Pada hal 4 kalimat paling atas dikatakan “
khususnya kelas A prodi Pendidikan Ekonomi”, maksud dari kalimat tersebut
tidak jelas. Apakah maksudnya sampel beliau hanya kelas A? Atau kelas A
dijadikan kelas spesial beda dari kelas B dan ekstensi.
·
Dikatakan pada paragraf pertama hal 4
penjelasan tentang presentase jawaban responden dalam tiap option angket.
Tidak dijelaskan apa itu maksudnya option a,b,c, dan d, sehingga pembaca
jurnal tidak mengerti kesimpulan apa yang dapat ditarik dari hitungan
persetasi tiap option tersebut.
·
Lalu pada paragraf pertama kalimat kedua ada
terdapat kalimat bahwa media visual, penerapan cooperative learning, dan
tugas poyek. Dalam penjelasan di bab sebelumnya tidak ada dijelaskan bagaimana
hubungan media visual dan tugas proyek terhadap penerapan cooperative
learning. Namun tiba-tiba di bagian pembahasan dikatakan kedua hal tersebut
jika digabungkan dengan coopertive learning maka akan meningkatkan softskill
mahasiswa. Sebaiknya pada bab 1,2 dan 3 dijelaskan dulu apa itu gunanya media
visual dan pemberian tugas proyek.
·
Jika ada angket tentu perlu dilakukan uji
validitas dan uji reabilitas. Namun pada jurnal ini tidak ada dijelaskan.
·
Jika ada dokumen hasil belajar tentu sangat
diperlukan teknik analisis data seperti korelasi dan regresi.
·
Jika ingin mengetahui bagaimana peningkatan
softskill tentu diperlukan uji t. Namun di jurnal ini tidak ada perhitungan
tentang uji t.
|
5
|
Penutup
|
·
Di bagian kesimpulan masih kurang bagus karena
tidak ada penjelasan berapa besar atau presentase peningkatan soft skill
mahasiswa.
·
Di bagian saran sudah baik, karena dijelaskan
apa gunanya cooperative learning itu untuk meningkatkan soft skill mahasiswa.
|
6
|
Daftar Pustaka
|
Sumber yang dari website
tidak dijelaskan pada saat kapan diakses, gunanya agar pembaca tidak heran
jika suatu waktu ketika situs itu dibuka namun blog atau artikelnya sudah di
dihapus oleh penulisnya.
|
|
|
|
Yang meriview:
FARENTY SIREGAR
7103141047
A-REGULER TTN’10
Jurnal yang di riview Ibu Nono Rozaini dengan judul
Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Melalui Penerapan
Student Center Learning dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi Mikro untuk T.A.
2009/2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar