REVIEW BUKU
PSIKOLOGI PENDIDIKAN TENTANG MODEL PEMBELAJARAN
OLEH
Kelompok 5:
Ervina Sitinjak
(7103141043)
Farenty Siregar
(7103141047)
Gokmani Silaban
(7101141012)
Imelsa Helen
Sianipar (7103141059)
Julita Hutagaol
(7103141066)
Lustawi Limbong (7103141075)
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS
NEGERI MEDAN
2013
REVIEW MODEL PEMBELAJARAN
Dari buku : Dr. Iskandar. M.pd
1. Pada model pembelajaran kooperatif tidak
mencantumkan terlebih dahulu pengertian model pembelajaran. Alangkah lebih baik
jika penulis menjelaskan apa pengertian model pembelajaran kooperatif terlebih
dahulu sehingga pembaca akan lebih mudah memahami apa apa itu pembelajaran
kooperatif.
2. Pada buku ini, penulis tidak ada mencantumkan
bab khusus yang membahas tentang model pembelajaran. Dimana sebaiknya penulis
membuat bab khusus akan materi ini.
3. Pada model pembelajaran kooperatif terdapat
unsur-unsur pembelajaran kooperatif. Hal ini merupakan sesuatu yang baik dan
bagus jika dibandingkan dengan buku psikologi pendidikan lainnya. Misalnya modul
mahasiswa.
4. Pada model pembelajaran kooperatif, hanya
didasarkan satu model pembelajaran kooperatif. Dimana, seharusnya penulis
menjelaskan atau membuat lebih banyak lagi model-model pembelajaran kooperatif
misalnya jigsaw ( tim ahli ), STAD ( student team achievement division ),
menghitung skor kelompok, investigasi kelompok ( group investigation ). Seperti
yang ada dibuku-buku psikologi pendidikan lainnya.
5. Terdapat langkah-langkah dalam menetapkan
pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kata-kata yang sederhana atau mudah
dimengerti. Hal ini menjadi salah satu dari kelebihan buku ini.
6. Pada tipe STAD ( student team achievement
division ) terdapat lima ( 5 ) komponen yang dipaparkan dengan jelas dan mudah
dimengerti. Karena penulis menggunakan kalimat yang sederhana.
7. Pada model pembelajaran di buku ini, terdapat
model pembelajaran remedial . hal ini menjadi kelebihan dari buku ini. Karena
di buku lain strategi remedial tidak di jelaskan bahkan tidak ada. Dan menurut
kelompok kami, model ini menjelaskan tentang pengertian remedial, hubungan
remedial dengan KTSP ( kurikulum tingkat satuan pendidikan ), untuk apa
dilakukan remedial, dan bagi murid seperti apa dilakukan remedial tersebut. Dan
buku ini memberikan pelajaran bagi guru-guru agar dapat memberikan remedial
yang benar-benar bagi siswa.
8. Pada bab ini tidak dijelaskan model-model
pembelajaran lain seperti strategi metode peta konsep, strategi-strategi
belajar, strategi pembelajaran diskusi kelas, pembelajaran kontekstual, strategi
berbasis masalah. Untuk itu sebaiknya penulis menjelaskan semua model-model
pembelajaran pada buku ini.
9. Pada pembahasan bab ini, strategi diskusi
kelas tidak dijelaskan secara lengkap. Misalnya apa itu kelemahan dan
kelebihannya serta tahap-tahap pelaksanaan diskusi kelas. Dimana penulis hanya
menjelaskan sekilas mengenai cara-cara pelaksanaan diskusi kelas.
10. Pada pembelajaran kooperatif tidak terdapat
karakteristik pembelajaran kooperatif seperti, penghargaan kelompok,
pertanggung jawaban individu atau perseorangan, kesempatan yang sama untuk
mencapai keberhasilan.
KATA PENGANTAR
Dengan
memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan
rahmat dan karunia-Nya kepada kami
sehingga dapat menyelesaikan review ini yang berjudul: ‘’ MODEL
PEMBELAJARAN”.
Kami menyadari bahwa didalam pembuatan review ini berkat bantuan dan tuntunan Tuhan
Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam
kesempatan ini kami menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan review ini.
Kami juga menyadari bahwa dalam proses
penulisan review ini masih jauh dari
kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, kami telah
berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang kami miliki sehingga dapat selesai dengan baik dan
oleh karenanya, kami dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima
masukan,saran dan usul guna penyempurnaan review ini.
Akhirnya kami berharap semoga review ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.
Medan, Mei 2013
Kelompok 5
Tidak ada komentar:
Posting Komentar