Translate

Selasa, 18 Maret 2014

REVIEW BUKU PSIKOLOGI PENDIDIKAN TENTANG MODEL PEMBELAJARAN

REVIEW BUKU PSIKOLOGI PENDIDIKAN TENTANG MODEL PEMBELAJARAN


OLEH
Kelompok 5:
Ervina Sitinjak (7103141043)
Farenty Siregar (7103141047)
Gokmani Silaban (7101141012)
Imelsa Helen Sianipar (7103141059)
Julita Hutagaol (7103141066)
Lustawi Limbong (7103141075)




FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2013
REVIEW MODEL PEMBELAJARAN
Dari buku : Dr. Iskandar. M.pd



1.      Pada model pembelajaran kooperatif tidak mencantumkan terlebih dahulu pengertian model pembelajaran. Alangkah lebih baik jika penulis menjelaskan apa pengertian model pembelajaran kooperatif terlebih dahulu sehingga pembaca akan lebih mudah memahami apa apa itu pembelajaran kooperatif.

2.      Pada buku ini, penulis tidak ada mencantumkan bab khusus yang membahas tentang model pembelajaran. Dimana sebaiknya penulis membuat bab khusus akan materi ini.

3.      Pada model pembelajaran kooperatif terdapat unsur-unsur pembelajaran kooperatif. Hal ini merupakan sesuatu yang baik dan bagus jika dibandingkan dengan buku psikologi pendidikan lainnya. Misalnya modul mahasiswa.

4.      Pada model pembelajaran kooperatif, hanya didasarkan satu model pembelajaran kooperatif. Dimana, seharusnya penulis menjelaskan atau membuat lebih banyak lagi model-model pembelajaran kooperatif misalnya jigsaw ( tim ahli ), STAD ( student team achievement division ), menghitung skor kelompok, investigasi kelompok ( group investigation ). Seperti yang ada dibuku-buku psikologi pendidikan lainnya.

5.       Terdapat langkah-langkah dalam menetapkan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kata-kata yang sederhana atau mudah dimengerti. Hal ini menjadi salah satu dari kelebihan buku ini.

6.      Pada tipe STAD ( student team achievement division ) terdapat lima ( 5 ) komponen yang dipaparkan dengan jelas dan mudah dimengerti. Karena penulis menggunakan kalimat yang sederhana.

7.      Pada model pembelajaran di buku ini, terdapat model pembelajaran remedial . hal ini menjadi kelebihan dari buku ini. Karena di buku lain strategi remedial tidak di jelaskan bahkan tidak ada. Dan menurut kelompok kami, model ini menjelaskan tentang pengertian remedial, hubungan remedial dengan KTSP ( kurikulum tingkat satuan pendidikan ), untuk apa dilakukan remedial, dan bagi murid seperti apa dilakukan remedial tersebut. Dan buku ini memberikan pelajaran bagi guru-guru agar dapat memberikan remedial yang benar-benar bagi siswa.

8.      Pada bab ini tidak dijelaskan model-model pembelajaran lain seperti strategi metode peta konsep, strategi-strategi belajar, strategi pembelajaran diskusi kelas, pembelajaran kontekstual, strategi berbasis masalah. Untuk itu sebaiknya penulis menjelaskan semua model-model pembelajaran pada buku ini.

9.      Pada pembahasan bab ini, strategi diskusi kelas tidak dijelaskan secara lengkap. Misalnya apa itu kelemahan dan kelebihannya serta tahap-tahap pelaksanaan diskusi kelas. Dimana penulis hanya menjelaskan sekilas mengenai cara-cara pelaksanaan diskusi kelas.

10.  Pada pembelajaran kooperatif tidak terdapat karakteristik pembelajaran kooperatif seperti, penghargaan kelompok, pertanggung jawaban individu atau perseorangan, kesempatan yang sama untuk mencapai keberhasilan. 









KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kami  sehingga dapat menyelesaikan review ini yang berjudul: ‘’ MODEL PEMBELAJARAN”.
Kami  menyadari bahwa didalam pembuatan  review ini berkat bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam kesempatan ini kami menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan review ini.
            Kami  juga menyadari bahwa dalam proses penulisan review ini masih  jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, kami telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang kami  miliki sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya, kami dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan,saran dan usul guna penyempurnaan review ini.
            Akhirnya kami berharap semoga review ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.





                                                                                                   Medan,   Mei  2013


                                                                                                       Kelompok 5


Tidak ada komentar:

Posting Komentar