Translate

Selasa, 18 Maret 2014

cerita sejarah pemilik blog


                Halo namaku farenty. Nama panjang ku Farenty Sari Badiar Siregar. Uda ku yang buat namaku itu. Udaku memang jago buat nama. Makanya namaku CANTIK. Wkwkwkkwkwk. Arti namaku itu rahasia. Mendiang opungku yang di Samosir manggil aku perenti. Menjengkelkan memang. namaku farenty lo punnggg...Tapi aku suka kok dipanggil kek gitu sama opung.
                Aku lahir di rumah Bidan yang tidak lain adalah inangtuaku di Helvetia jl. karya 7. Trus aku dulu waktu baru lahir tinggal di padang bulan (lupa jalan apa). Terus umur 2 tahun pindah ke Perumahan Komplek Pardede. Bapakku dan mamakku bekerja di perusahaan milik TD Pardede. Disitu aku menghabiskan masa balitaku. Kata ortuku aku dulu sukak kali ke kantin kompleks pardede. Bukannya beli, malah nengokin orang. Kek orang paok laaaaa.... waktu balita aku dimarahi klo gak mau makan. walau tak enak ikan dan sayur, tetap aja aku dipaksa habiskan. itu la ku rasa makanya sampek sekaarang aku suka makan. tak enak pun ikan tetap awak selera makan.
                Lalu pas aku umur 5 tahun kami pindah ke Jalan Tani Asli. Waktu itu aku ikut bantui bapak nyarik keong untuk ayam dan bebek kami. Terus ikut ke ladang main” gak jelas gitu. makanya bekurik kaki awak ini.wkwkwkkwk. Bapakku di sini mengundurkan diri dari perusahaan Pardede karena ada peraturan perusahaan kalau suami istri tidak boleh bekerja dalam satu perusahaan yang sama. Jadi bapakku petani. Mamakku tetap bekerja di hotel Pardede.
                Dulu di rumah kami masih sunyi durasi kendaraan yang lewat dan masih sedikit rumah di sini. Main reket pun awak di tengah jalan bisa bebas gak ada yang marah. Coba sekarang! Ngambil serse aja pun awak di depan rumah hampir tegilas bokong awak. Apalagi bola voli yang ditabrak mobil pribadi itu. Palak kali aku rasanya. SUSAH PAYAH AKU BUJUK BAPAKKU UNTUK BELI BOLA VOLI YANG MAHAL, dengan gampangnya mobil pribadi itu nabrak terus lari. Nyesal aku main voli di teras dulu.
                Rumah dulu masih jarang”. Depan rumah awak ini semak belukar. Ular pun sering kali martandang ke rumah kami. Yang tinggal di gudang la, di saluran air la, di asbes la, di halaman la, di tempat sepatu la, di bawah komputer la...... MAKANYA AKU TAKUT kali sama ular. oh iya waktu aku ngawani amangboru di ladang. kan  dicangkol amangboru la gumpalan”tanah yang membentuk bukit kecil, terus klen tau apa isinya??? TELUR ULAR. Telur ular lonjong putih lembek dan banyak. Awak kan masih kecik dulu, jadi gak tau apa isi telur itu. Ku buka la satu” kan..... anak ular dengan lendir. Iuuuuuuuuuuuuhhhh. Dengan tololnya aku ku buka i semua terus tiba” pada ilang semua anak ularnya ntah ke mana.
                Sebelum masuk kelas satu, aku les bahasa Inggris sama inanguda Yitro. Aku mengenal bahasa Inggris dulu baru bahasa Indonesia. Sampek sekarang aku hapal semua lagu” anak berbahasa Inggris, sampek lagu bahasa Inggris tentang cinta jaman dulu pun aku tau. Mungkin karena suka diperdengarkan sama inanguda jadi aku suka. Kayak lagu Queen, The beeges, westlife, MLTR, ABBA...trus lupa lagi. Aku les bahasa Inggris bersama kawan” lesku selama 10 tahun la. Tapi itu pun banyak bolos aku.
                Trus aku sekolah Minggu di gereja GPdI dulu. Karena gereja ku GKPI agak jauh, jadi aku gereja di gereja terdekat di buat. Aku sekolah Minggu sampai kelas 1 SMP. Di sekolah Minggu aku belajar menari dan membuat rumbai”. Di sekolah minggu ini aku pertama kali menyatakan cinta sama cowok 2 tahun di atasku. pakek surat ku tembak dia. wkwkwkwkwk. betapa hebatnya mentalku seorang cewek untuk mengungkapkan rasa suka sama cowok. tapi dia udah nikah sekarang.
                Aku SD di SD inpres dekat rumahku di jalan Blok Gading. Yang paling ku ingat waktu SD itu waktu pertama kali masuk kelas satu. Hari pertama masuk ditemani bapak. Hari Kedua diantar lalu ditinggalin. Aku pulang sendiri jalan kaki sambil nangis. RUPANYA BAPAKKU SENGAJA BUAT KEK GITU. Biar aku terbiasa sendiri katanya. Ngeselin kan? Anak orang sana tiap ari antar jemput. Klo awak sampek petir, badai, hujan, halilintar datang pun tak akan diantar jemput. PARAH KALI BAPAKKU INI. Belikkan sepeda awak pun tak mau dia. Jalan kaki la awak tiap ari bareng konco” awak di kelas. Bareng konco” kami udah menyumbangkan 2 piala dalam pertandingan kasti se kecamatan sunggal. Aku mulai mengenal birama, tangga nada, nilai nada semenjak kelas 6 SD. Aku yang disuruh guru mengajar kawan” satu kelas  tentang mengubah not angka menjadi not balok karena mereka lama kali nagkapnya. Sebenarnya aku bukanlah manusia paling pintar di kelas. tapi aku jago membagi ilmu sama kawan.
                Aku SMP di negeri 40 Medan. Jujur nyesal kali aku masuk sekolah negeri dulu. Sekolahnya besar kali memang, tapi guru”nya malas” kali ngajar. Terlambat lagi tiap hari.  Aku paling suka klo udah pelajaran kesenian dan olahraga. Kesenian kelas satu aku belajar tari Melayu, kelas dua memainkan recorder, kelas tiga menyulam. Saya suka seni. Olahraga yang paling ku suka main kasti dan bulutangkis.
                SMA aku di Santo Thomas 3 Medan. Kelas satu aku masuk x-3. Di sini kelasnya geng judi dan preman. Manusianya tukang melancong ke rumah orang dan buat guru naik tensi. Teringat waktu ketahuan main judi di kelas sama sir boteng. Datang ke humsnya minta maaf dan sekalian menjenguk karena bibirnya luka itu. Kami merasa bersalah kali saat itu. Tapi udah kek gitu pun tetap aja kami lanjut main judi everyday. Wkwkwkwkwkwk. Pulaknya cewek” di x-3 ini preman semua.
                Kelas 2 dan kelas 3 aku masuk di kelas ipa 1. Jujur pertama kali masuk kelas ini angker kali kurasa. Orang” pintar semua isinya pikirku. RUPANYA, KAYAK LAPET GADONG SEMUA. wkwkwwkwkwk. KARAKTER KELAS INI: hepot, pantang gak dipancing yang kotor, rakus, gak tau malu, sok staycool, nyontek, asal rapat betekak semua, pantang gak bisa diam, ada yang curhat dibelakang pasti nyampek ke sekelas. Tapi ada kehebatan kelas ini: GAK PELIT SAMA MAKANAN, GAK PELIT SAMA DUIT, SELALU AKTIF DALAM KEGIATAN SEKOLAH. 
                Aku les bimbel dulu di Medica bantam hampir setahun ku rasa. Yang makan di 69 la terus, cabut waktu motivasi agama la, merecok di sana la. Eeegghhh ya mang. Banyak kali awak maen” dulu. Memang aku beda sama kawan”ku yang lain. Mereka semangat kali untuk masuk PTN. Klo awak selo” Aja. Lagian ortuku gak maksa kali aku untuk di perguruan tinggi negeri. Aturannya masuk farmasi swasta kian awak. Tapi Gak jadi. Terpanggil kurasa jadi guru. Masuk unimed la.
                Di unimed semester 1 n 2 aku masuk kelas D-reg. Kawan kompakku si Maria, Margareth, Ervina, n Novita. Kami berlima always together sengsaranya. Wkwwkwkwk. Aku klo cerita sama orang itu la, ngerjai PR, jalan-jalan, nayrik koran la sampek setengah mampus. Gak ikut imabato gara” Si dosen bisnis KAMSEUPAY itu. Ngerjai soal akuntansi sampek ke padang bulan la. Jalan” ke mikhol cabut kuliah.
                Semester 3 pembagian Prodi, aku pilih TATA NIAGA. Tata Niaga itu lebih ke perdagangan, hampir mirip sama manajemen. Aku masuk kelas A-reg. Disitu kawan kompakku si Ervina, Julita, Helen, Ani, n Lusta.  Best camp kami kos lusta di jalan rela. Makanan favorit kami taiso, gorengan, dan mie Babi.  Kerja kami begosip, bercerita, ngerjai tugas, beli buku ke tigan, ke perpus, makan di kantin FE, jalan-jalan tiap akhir semester, nyabe karena kami cabe”an. wkwkwkkwkk
                Semester 7 aku PPL di Indrapura kecamatan Air putih kabupaten Batubara tepatnya di SMP Negeri 3 nya. Kawan PPL ku sifatnya hampir sama kek aku. Jadi enak. Ada juga yang sifatnya sangat jauh dari aku dan itu sering jadi konflik di hati. Selama PPL aku banyak belajar. Itu pertama kali aku jauh dari orangtua dan keluarga. Aku tinggal di kamar ber empat, makan rantangan, yang hantu la dimana-mana. Kenangan banyak di sini: yang nyanyi” tiap malam, jalan-jalan tiap sore, main bulutangkis, voli, hulahup, basket, buat taman la, menghias kelas la, bekombur di meja piket la.... makan gorengan la, mati lampu la, nunggu antrian mandi la, dll.
                Oh iya, hampir lupa, aku juga masuk anggota PP GKPI Purwodadi semenjak aku kuliah. Mungkin di grup ini la emosiku agak labil karena kami semua beda” umurnya jadi banyak jaga cakap n tingkah laku aku. Kompak kami memang, tapi kami kompak mungkin karena saling melengkapi karena perbedaan umur yang beraneka ragam. Kegiatan kami : kebaktian, latihan kor, nyarik dana, merayakan ulang tahun, dan laen”. Yang paling capek itu pas nyarik dana. Aku la yang bergerak klo udah kek ini. Ku keluarkan semua ilmu perdaganganku. Wkwkwkwkwk. Yang penting untuk memulia kan Tuhan dan memajukan gereja ku tercinta ini.
                Oh iya juga mau cerita tentang keluargaku bapakku marga Siregar, mamakku boru Simbolon, adikku yang perempuan si Sarah namanya. Adikku yang laki” si Bastian namanya. Kami 3 bersaudara. Bapakku baik kali orangnya tapi ada satu yang gak suka dari bapakku yaitu beliau sangat pendendam sama orang yang udah sangat jahat kali dulunya sama dia. Klo mamakku baikkk kaliiii... tapi ada yang gak kusuka dari mamakku: beliau suka kali mengeluh klo ada masalah. Nyamuk pun lewat dipikirkannya. Aku gak suka kek itu. Si Sarah baik kali juga tapi ada yang gak suka dari dia : dia pelit kali sama yang namanya PULSA. Sama dirinya sendiri pelit dia. Emosi awak terkadang. Si bastian baik orangnya tapi ada yang gak ku suka dari dia: dia jorok kali. Aku” aja terus yang merapikan kamarnya. Pakek” sepatu lagi ke rumah. Menjengkelkan! Keluarga dari pihak bapakku dan mamakku pun mereka baik hati. Sayang sama kami mulai dari ortuku nol sampek sekarang kami bisa hidup berkecukupan dan sehat. Itu semua berkat mereka juga.
                Aku punya sahabat dari kecil. Namanya Siti. Dia seorang Musim. Dia tinggal di Jalan perintis. Dia baik dan tulus. Dia kawanku mulai dari SD sampek sekarang. Dia gak pandang aku anak siapa dan agama apa. Dia tetap senang bermain dan bercerita samaku. Jujur dia la orang yang pertama tahu siapa laki” yang kucintai sampai sekarang.
                Aku mulai belajar gitar kelas 3 SMP. Belajar Organ kelas 1 SMA. Dan sekarang aku belajar TAGADING. Bapakku pelit kaliiiiiii.... gak mau dibelikkan tagading sama awak. Aku sangat suka berenang dan bermain bulu tangkis. Makanya aku hitam dan betisku kayak pemain bulu tangkis. Tapi badanku ini pendek aja terus.
                Itu aja  kali cerita kehidupanku sedikit.

1 komentar: