BAB
III
METODOLOGI
PENELITIAN
3.1
Lokasi dan Waktu Penelitian
Penelitian
ini dilaksanakan di SMA Swasta Santo Thomas 3 Medan Jl. Gatot Subroto No.7
Medan Helvetia, Tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan
April 2013.
3.2
Populasi dan Sampel
3.2.1 Populasi
Menurut
Sugiyono (2009:117) Populasi adalah “wilayah generalisasi yang terdiri atas:
objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan
oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya”. Yang
menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA-IPS SMA
Swasta Santo Thomas 3 Medan tahun ajaran 2012/2013.
Tabel
1
KELAS
|
JUMLAH
MURID
|
XI IPA 1
|
39
|
XI IPA 2
|
46
|
XI IPA 3
|
48
|
XI IPA 4
|
46
|
XI IPS 1
|
36
|
XI IPS 2
|
37
|
TOTAL
|
252
|
3.2.2 Sampel
Menurut
Sugiyono (2009:18) “Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki
oleh populasi tersebut”. Bila populasi besar, dan peneliti tidak mungkin
memelajari semua yang ada pada populasi, misalnya karena keterbatasan dana,
tenaga dan waktu, maka peneliti dapat menggunakan sampel yang diambil dari
populasi tersebut.Teknik sampling yang digunakan adalah Puposive sampling atau judgmental
sampling yaitu penarikan sampel secara puposif merupakan cara penarikan sample
yang dilakukan memiih subjek berdasarkan criteria spesifik yang ditetapkan
peneliti.
Tabel
2
KELAS
|
SAMPEL
|
XI IPA 1
|
39 orang
|
XI IPS 1
|
36 orang
|
TOTAL
|
75 orang
|
3.3 TeknikPengumpulan Data
Untuk memperoleh
data atau gambaran yang sebenarnya mengenai topik yang akan diteliti, penulis
menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu:
a.
Dokumentasi
Pengumpulan
data yang dapat dilihat dari nilai rata-rata raport sebagai bentuk dari hasil
belajar siswa kelas XI IPA 1 dan IPS I SMA Swasta Santo Thomas 3 Medan.
b.
Angket
Angket
merupakan salah satu alat ukur untuk mengumpulkan data dengan membuat daftar pertanyaan
yang sesuai dengan variabel yang diteliti. Angket yang diberikan kepada responden
adalah tentang pengaruh penggunaan facebook terhadap prestasi belajar siswa dengan
jumlah soal sebanyak 45 soal yang disusun dari tujuh indikator. Setiap item
diberi 4 option jawaban dengan bobot nilai sebagai berikut:
Tabel 3
Option
|
Skor
|
A
|
4
|
B
|
3
|
C
|
2
|
D
|
1
|
Table
4
Layout
Angket Penggunaan Facebook
Variabel
|
Indikator
|
Nomor Item
|
Jumlah
|
1. Penggunaan Facebook (X)
|
1.
berinteraksi dan berbagi pengetahuan
|
1,2,18,32,42
|
5
|
2.
menggunakan fasilitas grup dan aplikasi pendidikan untuk mengelola aktivitas belajar
|
3,4,5,6,11,19,31,35,39
|
9
|
|
3. fasilitas-fasilitas dan games
yang menarik untuk mengasah otak
|
7,8,9,24,28,45
|
6
|
|
4.Mengakrabkan komunikasi dengan teman dan guru
|
12,22,23,37,38
|
5
|
|
5. Menambah waktu konsultasi dengan
guru
|
10
|
1
|
|
6. Menambah pengetahuan
|
13,14,15,17, 20,25,26,30,33,43,44
|
11
|
|
7. Waktu penggunaan
|
16,21,27,29,34,36,40,41
|
8
|
|
1. Prestasi belajar (Y)
|
Nilai Rata-Rata
|
--
|
Uji
Instrumen Angket Penelitian
Untuk mengetahui validitas dan reliabilita sangket maka
dilakukan uji instrumen sebelum pengambilan data. Adapun uji instrumen dilakukan:
1.
Uji Validitas
Validitas angket
diuji menggunakan teknis analisis product moment dengan rumus yang dikemukakan oleh
Arikunto (2006:170) yaitu:
Keterangan:
Jika
dengan staf signifikan 95% (α = 0,005), maka dapat
disimpulkan bahwa butir item sudah valid dan jika
,
maka item dianggap tidak valid.
2. Uji Reliabilitas
Untuk menentukan
reliabilitas angket digunakan rumus koefisien Alpha yang dikemukakan oleh Arikunto
(2007:196) yaitu:
Keterangan:
Untuk mencari varians item digunakan rumus, sebagai berikut:
Untuk menghitung varians total dihitung dengan rumus:
Angket dianggap reliable jika
pada taraf signifikan 95% atau alpha 5%,
maka variabel dianggap reliable demikian sebaliknya.
Interpretasi nilai
menurut Arikunto (2003:75) sebagai berikut:
Antara 0,800 - 1,000 tergolong sangat tinggi
Antara 0,600 - 0,800 tergolong tinggi
Antara 0,400 - 0,600 tergolong
cukup
Antara 0,200 - 0,400 tergolong rendah
Antara 0,000 – 0,200 tergolong sangat rendah
3.4
Teknik Analisis Data
1.
Untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunan
facebook terhadap prestasi belajar siswa
digunakan rumus yaitu:
(Irianto, 2008:158).
Penelitian
menggunakan rumus:
a
=
b =
Keterangan
:
X
= Penggunaan Facebook (X)
Y
= VariabelTerikat (Prestasi Siswa)
a
= Nilai Konstan
b
= Koefisien arah regresi
2.
Untuk mengetahui penggunaan facebook dan prestasi
belajar siswa digunakan determinasi dengan rumus:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar