Translate

Selasa, 18 Maret 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                   : SMP NEGERI 3 AIR PUTIH
Mata Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester                                : VIII/Ganjil
Bahan Kajian                     : Terbentuknya Kesadaran Nasional dan Perkembangan Pergerakan                                                              Kebangsaan Indonesia (BAB 6)
Alokasi Waktu                   : 2  x 40 menit (1 kali pertemuan)
 


A.      Standar Kompetensi
Mendeskripsikan proses terjadinya kongres pemuda 1928

B.      Kompetensi Dasar
Menceritakan kronologi terjadinya kongres pemuda 1928 dan manfaat terjadinya sumpah pemuda

C.      Indikator
Siswa mampu menganalisis penyebab dan manfaat terjadinya sumpah pemuda

D.      Tujuan Pembelajaran
o   Siswa dapat mengidentifikasi penyebab terjadinya sumpah pemuda
o   Siswa dapat menjelaskan apa manfaat terjadinya sumpah pemuda
o   Siswa dapat merenungkan perjuangan para pemuda di masa lampau
Karakter siswa yang diharapkan :             Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
E.       Pembelajaran
o   Metode Pembelajaran  : ceramah, tanya jawab, permainan
o   Sumber Pembelajaran   : Buku pelajaran IPS SMP Kelas VIII Penerbit Sindua Press
o   Media                                   : potongan-potongan huruf kertas.
o   Kegiatan Pembelajaran : 
PENDAHULUAN
o  Pra Pembelajaran
ü  Memberi salam
ü  Berdoa sebelum memulai pembelajaran
ü  Memeriksa kebersihan kelas
ü  Mengabsen siswa

o  Apersepsi
ü  Mengamati kelengkapan belajar siswa
ü  Guru mereview pelajaran pada pertemuan sebelumnya
ü  Guru melakukan Free Test dengan menanyakan apa itu sumpah pemuda

o  Motivasi: guru menarik perhatian siswa dengan mengajak siswa untuk mencontoh perjuangan pemuda Indonesia zaman setelah merdeka yang mengejar pendidikan walaupun sudah dijajajah.
INTI PELAJARAN
1.         Guru menjelaskan isi materi tentang penyebab dan manfaat dari Sumpah Pemuda yang telah dipersiapkan dengan metode ceramah.
2.         Guru melakukan metode tanya jawab dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa dari hal-hal atau berita-berita yang mereka ketahui disekitar mereka,
3.         Guru memberikkan kesempatan bagi murid yang ingin bertanya..
4.         Guru melakukan post test tentang segala materi yang telah dijelaskan sebelumnya kepada beberapa murid.
5.         Guru membagi kelompok untuk metode permainan
6.         Guru memulai permainan dengan menebarkan potongan-potongan kertas di atas meja guru,
7.         Guru menjelaskan cara bermainnya yaitu: guru memberikan soal secara lisan lalu kelompok menjawab dengan cara salah satu anggota kelompok mengambil kertas kecil yang yang ada di meja guru kemudian membawa kertas itu kembali ke meja kelompok, kemudian huruf disusun di meja kelompok.
8.         Guru mengumumkan pemenangnya, Kelompok yang paling cepat dan benar menjawab adalah pemenangnya.
PENUTUP
1.         Guru mengakhiri pelajaran dengan memberikan pengertian kepada siswa tentang apa gunanya kita mengetahui materi yang telah dijelaskan sebelumnya untuk dipahami dalam kehidupan sehari-hari.
2.         Guru memberikan pekerjaan rumah (PR) tugas individu berupa:

Kerjakan tulis tangan di buku latihan. Kerjakan soal latihan pilihan berganda halaman 121-122. Dikumpul pada pertemuan selanjutnya !





F.       Penilaian
·         Afektif : partisipasi dan keberanian dalam memberikan jawaban
·         Psikomotorik : kerja sama dalam kelompok dan ketepatan dalam menjawab soal kuis
·         Kognitif: pekerjaan rumah (PR)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
Mendiskripsikan perkem-bangan  pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan, keagaman sampai terbentuknya nasionalisme di Indonesia, peran manifesto politik 1925, Kongres Pemuda 1928, dan Kongres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia
Penugasan


games


Tes pilihan berganda

Menyusun huruf



soal latihan pilihan berganda halaman 121-122

ü Sebutkan 4 organisasi yang terbentuk pada masa radikal
ü Sebutkan nama partai yang pertama kali dibentuk oleh Soekarno
ü Sebutkan 3 tujuan politik etis
ü Sebutkan kepanjangan dari STOVIA
ü Sebutkan kepanjangan NIAS
ü  Sebutkan nama pahlawan yang dibunuh di Bandar Betci pada pemberontakan PKI

 Lembar Penilaian Tugas :                    
No.
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah
Ketepatan
Waktu
Kerapihan
Pekerjaan
Esensi
Jawaban
Nilai





















                P*) Aspek Penilaian :
                                - Aspek Ketepatan Waktu                                            : 15
                                - Aspek Kerapihan pekerjaan                                     : 10
                                - Aspek Esensi Jawaban                                                : 75
                                                                Jumlah                                                  : 100



                Air Putih,    November 2013
Kepala Sekolah                                       Guru Pamong                                                    Calon Guru


Drs. Irwansyah                                         Tika Fadilah Sahri,S.Pd                       Farenty Siregar
NIP. 19660323 198812 1 001                NIP. 19840317 200903 2 005              NIM. 7103141047



Tidak ada komentar:

Posting Komentar