RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMP NEGERI 3 AIR PUTIH
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Bahan Kajian :
Terbentuknya Kesadaran Nasional dan
Perkembangan Pergerakan
Kebangsaan Indonesia (BAB 6)
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
Mendeskripsikan proses terjadinya kongres pemuda 1928
B.
Kompetensi Dasar
Menceritakan kronologi terjadinya kongres pemuda 1928 dan
manfaat terjadinya sumpah pemuda
C.
Indikator
Siswa mampu menganalisis penyebab dan
manfaat terjadinya sumpah pemuda
D.
Tujuan Pembelajaran
o
Siswa dapat mengidentifikasi penyebab terjadinya sumpah pemuda
o
Siswa dapat menjelaskan apa manfaat terjadinya sumpah pemuda
o
Siswa dapat merenungkan
perjuangan para pemuda di masa lampau
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
E.
Pembelajaran
o
Metode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab, permainan
o
Sumber Pembelajaran : Buku pelajaran IPS SMP Kelas VIII
Penerbit Sindua Press
o
Media : potongan-potongan huruf kertas.
o
Kegiatan Pembelajaran :
PENDAHULUAN
o Pra Pembelajaran
ü Memberi salam
ü Berdoa sebelum memulai pembelajaran
ü Memeriksa kebersihan kelas
ü Mengabsen siswa
o Apersepsi
ü Mengamati kelengkapan belajar siswa
ü Guru mereview pelajaran pada pertemuan sebelumnya
ü Guru melakukan Free Test dengan menanyakan apa itu
sumpah pemuda
o Motivasi: guru menarik perhatian siswa dengan
mengajak siswa untuk mencontoh perjuangan pemuda Indonesia zaman setelah
merdeka yang mengejar pendidikan walaupun sudah dijajajah.
INTI PELAJARAN
1.
Guru menjelaskan isi materi tentang penyebab dan manfaat dari Sumpah Pemuda yang telah dipersiapkan dengan metode ceramah.
2.
Guru melakukan metode tanya jawab dengan
memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa dari hal-hal atau berita-berita
yang mereka ketahui disekitar mereka,
3.
Guru memberikkan
kesempatan bagi murid yang ingin bertanya..
4.
Guru melakukan post test
tentang segala materi yang telah dijelaskan sebelumnya kepada beberapa murid.
5.
Guru membagi
kelompok untuk metode permainan
6.
Guru memulai
permainan dengan menebarkan potongan-potongan kertas di atas meja guru,
7.
Guru
menjelaskan cara bermainnya yaitu: guru memberikan soal secara lisan lalu
kelompok menjawab dengan cara salah satu anggota kelompok mengambil kertas
kecil yang yang ada di meja guru kemudian membawa kertas itu kembali ke meja
kelompok, kemudian huruf disusun di meja kelompok.
8.
Guru
mengumumkan pemenangnya, Kelompok yang paling cepat dan benar menjawab adalah
pemenangnya.
PENUTUP
1.
Guru mengakhiri pelajaran
dengan memberikan pengertian kepada siswa tentang apa gunanya kita mengetahui
materi yang telah dijelaskan sebelumnya untuk dipahami dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Guru memberikan pekerjaan rumah
(PR) tugas individu berupa:
Kerjakan tulis tangan di buku latihan. Kerjakan
soal latihan pilihan berganda halaman 121-122. Dikumpul pada pertemuan
selanjutnya !
|
F.
Penilaian
·
Afektif :
partisipasi dan keberanian dalam memberikan jawaban
·
Psikomotorik
: kerja sama dalam kelompok dan ketepatan dalam menjawab soal kuis
·
Kognitif:
pekerjaan rumah (PR)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
|
Mendiskripsikan
perkem-bangan
pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan,
keagaman sampai terbentuknya nasionalisme di Indonesia, peran manifesto politik 1925, Kongres Pemuda 1928, dan Kongres
Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia
|
Penugasan
games
|
Tes pilihan berganda
Menyusun huruf
|
soal latihan pilihan berganda
halaman 121-122
ü
Sebutkan 4 organisasi
yang terbentuk pada masa radikal
ü Sebutkan nama partai yang pertama kali dibentuk
oleh Soekarno
ü
Sebutkan 3
tujuan politik etis
ü Sebutkan kepanjangan dari STOVIA
ü Sebutkan kepanjangan NIAS
ü
Sebutkan
nama pahlawan yang dibunuh di Bandar Betci pada pemberontakan PKI
|
Lembar Penilaian Tugas :
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah
|
||
Ketepatan
Waktu
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Esensi
Jawaban
|
Nilai
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
P*) Aspek Penilaian :
- Aspek
Ketepatan Waktu :
15
- Aspek Kerapihan
pekerjaan :
10
- Aspek Esensi Jawaban : 75
Jumlah :
100
Air
Putih, November 2013
Kepala Sekolah Guru
Pamong Calon
Guru
Drs. Irwansyah Tika
Fadilah Sahri,S.Pd Farenty
Siregar
NIP. 19660323 198812 1 001 NIP.
19840317 200903 2 005 NIM.
7103141047
Tidak ada komentar:
Posting Komentar