Translate

Selasa, 18 Maret 2014

PENDAHULUAN PENGARUH FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA SWASTA SANTO THOMAS 3 MEDAN

PENGARUH FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA SWASTA SANTO THOMAS 3 MEDAN


OLEH:
Farenty Siregar (7103141047)
Julita Hutagaol (7103141006)
Imelsa Helen Sianipar (7103141059)





FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2013
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah

Facebook mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Facebook adalah salah satu situs jejaring sosial yang sangat digemari masyarakat saat ini. Mulai dari anak - anak sampai orang tua, siswa sampai mahasiswa, tukang bakso sampai direktur utama, pedangang kecil sampai pengusaha, dan sebagainya.
Situs jejaring sosial mungkin lebih banyak dirasakan oleh kalangan remaja, karena sebagian besar pengguna jejaring sosial adalah dari kalangan remaja pada usia sekolah. Karena sangat mudah menjadi anggota dari situs jejaring sosial, maka tidak heran jika banyak orang baik sengaja ataupun hanya coba-coba mendaftarkan dirinya menjadi pengguna situs jejaring sosial tersebut. Tidak butuh waktu lama akan menjadi kebiasaan untuk mengakses dan membuka situs-situs jejaring sosial tersebut, dan berinteraksi secara pasif di dalamnya. Akibatnya pengguna dalam hal ini peserta didik (siswa) bisa lupa waktu karena terlalu asyik dengan kegiatannya di dunia maya tersebut. 
Setiap teknologi baru, apapun bentuknya, pasti mempunyai dampak positif dan negatif. Begitu juga dengan facebook. Bagi pelajar, facebook cenderung lebih banyak memberikan dampak yang negatif. Dampak negatif facebook bagi pelajar yang paling sering terjadi adalah timbulnya kemalasan belajar yang berujung pada penurunan prestasi belajar. Coba saja bandingkan lama waktu seorang pelajar saat membuka buku dengan lama waktu saat membuka facebook. Bahkan saat belajar pun selalu menyempatkan diri hanya untuk sekedar mengupdate status atau menulis beberapa patah kata facebook temannya, akibatnya konsentrasi dalam belajar terganggu dan materi pelajaran yang sedang dipelajari pun tidak akan dipahami secara maksimal.
Profesor Psikologi Larry Rosen berkata seorang pelajar sekurang-kurangnya menghabiskan 15 menit masa yang penting bagi seorang pelajar semata-mata untuk login Facebook. 'Semakin banyak masa diberikan  untuk media sosial semakin buruk prestasi pelajar’.
Dalam pemantauan penulis ketika berada di SMA Santo Thomas 3 Medan, ada fenomena atau masalah yang penulis temukan. Sekolah ini melarang siswanya untuk membawa handphone di sekolah dengan alasan agar tidak menggangu siswa dalam proses belajar mengajar. Namun faktanya, berdasarkan wawancara langsung kepada beberapa siswa, diketahui bahwa masih terdapat  beberapa siswa yang membawa  handphone, salah satunya digunakan untuk mengakses situs jejaring sosial  Facebook meskipun tanpa sepengetahuan guru. Bahkan terkadang ada siswa yang meng-update status ketika guru sedang menjelaskan materi pelajaran.
Fenomena facebook dikalangan pelajar perlu mendapat perhatian. Penggunaan facebook tidak akan menimbulkan dampak yang buruk jika digunakan sebagaimana mestinya, normal, dan tidak berlebihan. Jika terlalu sering menggunakan facebook dikhawatirkan akan terjadi ketergantungan yang tidak sehat.
Dari penjelasan di atas maka peneliti tertarik untuk menyajikan sebuah judul: “ Pengaruh Penggunaan Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Santo Thomas 3 Medan.”




1.2  Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, penulis mengemukakan identifikasi masalahnya sebagai berikut:
1.        Bagaimanakah pengaruh facebook terhadap prestasi belajar siswa Santo Thomas 3 Medan?
2.        Bagaimanakah dampak positif dan negatif penggunaan facebook terhadap prestasi belajar siswa SMA Santo Thomas 3 Medan?

1.3 Pembatasan Masalah
Dengan memperhatikan latar belakang dan identifikasi masalah,  maka perlu adanya pembatasan masalah untuk membantu mengarahkan dan mempermudahkan dalam penelitian di lapangan dan lebih memungkinkan tercapainya hasil baik. Maka penulis membatasi masalah penelitian pada “Pengaruh Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Swasta Santo Thomas 3 Medan.

1.4 Rumusan Masalah
1.      Seperti apa perkembangan penggunaan facebook di SMA Swasta Santo Thomas 3 Medan?
2.      Apakah pengaruh penggunaan facebook terhadap prestasi belajar siswa SMA Swasta Santo Thomas 3 Medan?
3.      Seperti apa dampak positif dan negatif penggunaan facebook terhadap prestasi belajar  siswa SMA Swasta Santo Thomas 3 Medan?

1.5 Tujuan Penelitian
1.      Untuk mengetahui perkembangan penggunaan facebook di SMA Swasta Santo Thomas 3 Medan.
2.      Untuk mengetahui pengaruh facebook terhadap prestasi belajar siswa SMA Swasta Santo Thomas 3 Medan.
3.      Untuk mengetahui dampak positif dan negatif penggunaan facebook terhadap prestasi belajar siswa SMA Swasta Santo Thomas 3 Medan.

1.6 Manfaat Penelitian

·         Sebagai bahan masukan bagi peneliti dalam memperluas wawasan serta meningkatkan pengetahuan peneliti dalam bidang pendidikan
·         Sebagai sumber informasi maupun wacana positif bagi SMA Swasta Santo Thomas 3 Medan dalam membuat kebijakan yang berhubungan dengan penggunaan facebook oleh siswa dalam pembelajaran sehari-hari
·         Sebagai sumber informasi bagi semua pihak
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar