PENGARUH FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA SWASTA SANTO THOMAS 3
MEDAN
OLEH:
Farenty Siregar
(7103141047)
Julita Hutagaol
(7103141006)
Imelsa Helen Sianipar
(7103141059)
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2013
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Facebook
mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Facebook adalah salah
satu situs jejaring sosial yang sangat digemari masyarakat saat ini. Mulai dari
anak - anak sampai orang tua, siswa sampai mahasiswa, tukang bakso sampai
direktur utama, pedangang kecil sampai pengusaha, dan sebagainya.
Situs jejaring sosial mungkin lebih banyak dirasakan
oleh kalangan remaja, karena sebagian besar pengguna jejaring sosial adalah
dari kalangan remaja pada usia sekolah. Karena sangat mudah menjadi anggota
dari situs jejaring sosial, maka tidak heran jika banyak orang baik sengaja
ataupun hanya coba-coba mendaftarkan dirinya menjadi pengguna situs jejaring
sosial tersebut. Tidak butuh waktu lama akan menjadi kebiasaan untuk mengakses
dan membuka situs-situs jejaring sosial tersebut, dan berinteraksi secara pasif
di dalamnya. Akibatnya pengguna dalam hal ini peserta didik (siswa) bisa lupa
waktu karena terlalu asyik dengan kegiatannya di dunia maya tersebut.
Setiap teknologi
baru, apapun bentuknya, pasti mempunyai dampak positif dan negatif. Begitu juga
dengan facebook. Bagi pelajar, facebook cenderung lebih banyak memberikan
dampak yang negatif. Dampak negatif facebook bagi pelajar yang paling sering
terjadi adalah timbulnya kemalasan belajar yang berujung pada penurunan
prestasi belajar. Coba saja bandingkan lama waktu seorang pelajar saat membuka
buku dengan lama waktu saat membuka facebook. Bahkan saat belajar pun selalu
menyempatkan diri hanya untuk sekedar mengupdate status atau menulis beberapa
patah kata facebook temannya, akibatnya konsentrasi dalam belajar terganggu dan
materi pelajaran yang sedang dipelajari pun tidak akan dipahami secara
maksimal.
Profesor Psikologi Larry
Rosen berkata seorang pelajar sekurang-kurangnya menghabiskan 15 menit masa
yang penting bagi seorang pelajar semata-mata untuk login Facebook.
'Semakin banyak masa diberikan untuk media
sosial semakin buruk prestasi pelajar’.
Dalam pemantauan penulis ketika berada di SMA Santo
Thomas 3 Medan, ada fenomena atau masalah yang penulis temukan. Sekolah ini
melarang siswanya untuk membawa handphone di sekolah dengan alasan agar tidak
menggangu siswa dalam proses belajar mengajar. Namun faktanya, berdasarkan
wawancara langsung kepada beberapa siswa, diketahui bahwa masih terdapat beberapa siswa yang membawa handphone, salah satunya digunakan untuk
mengakses situs jejaring sosial Facebook
meskipun tanpa sepengetahuan guru. Bahkan terkadang ada siswa yang meng-update
status ketika guru sedang menjelaskan materi pelajaran.
Fenomena facebook dikalangan pelajar perlu mendapat
perhatian. Penggunaan facebook tidak akan menimbulkan dampak yang buruk jika
digunakan sebagaimana mestinya, normal, dan tidak berlebihan. Jika terlalu
sering menggunakan facebook dikhawatirkan akan terjadi ketergantungan yang
tidak sehat.
Dari penjelasan di atas maka peneliti tertarik untuk
menyajikan sebuah judul: “ Pengaruh
Penggunaan Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Santo Thomas 3 Medan.”
1.2
Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas,
penulis mengemukakan identifikasi masalahnya sebagai berikut:
1.
Bagaimanakah
pengaruh facebook terhadap prestasi belajar siswa Santo Thomas 3 Medan?
2.
Bagaimanakah dampak
positif dan negatif penggunaan facebook terhadap prestasi belajar siswa SMA
Santo Thomas 3 Medan?
1.3 Pembatasan Masalah
Dengan memperhatikan latar belakang dan identifikasi masalah, maka
perlu adanya pembatasan masalah untuk membantu mengarahkan dan mempermudahkan
dalam penelitian di lapangan dan lebih memungkinkan tercapainya hasil baik.
Maka penulis membatasi masalah penelitian pada “Pengaruh Facebook Terhadap
Prestasi Belajar Siswa SMA Swasta Santo Thomas 3 Medan.
1.4 Rumusan Masalah
1. Seperti apa perkembangan penggunaan facebook di
SMA Swasta Santo Thomas 3 Medan?
2. Apakah
pengaruh penggunaan facebook terhadap prestasi belajar siswa SMA Swasta Santo
Thomas 3 Medan?
3. Seperti apa dampak positif dan negatif
penggunaan facebook terhadap prestasi belajar siswa SMA Swasta Santo Thomas 3 Medan?
1.5 Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui perkembangan penggunaan facebook
di SMA Swasta Santo Thomas 3 Medan.
2. Untuk
mengetahui pengaruh facebook terhadap prestasi belajar siswa SMA Swasta Santo
Thomas 3 Medan.
3. Untuk mengetahui dampak
positif dan negatif penggunaan facebook terhadap prestasi belajar siswa SMA
Swasta Santo Thomas 3 Medan.
1.6 Manfaat Penelitian
·
Sebagai bahan masukan bagi peneliti dalam memperluas wawasan serta
meningkatkan pengetahuan peneliti dalam bidang pendidikan
·
Sebagai sumber informasi maupun wacana positif bagi SMA Swasta Santo
Thomas 3 Medan dalam membuat kebijakan yang berhubungan dengan penggunaan facebook
oleh siswa dalam pembelajaran sehari-hari
·
Sebagai sumber informasi bagi semua pihak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar